Daryono BMKG

Selalu merasa nyaman hidup di daerah rawan bencana

  • Kalender

    September 2016
    S S R K J S M
    « Feb    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Kategori

GEMPABUMI TOLAI SULTENG DIPICU SESAR AKTIF

Posted by Daryono pada September 15, 2016

GEMPABUMI TOLAI SULTENG DIPICU SESAR AKTIF

HARI Kamis, 15 September 2016, pukul 09.23.14 WIB, wilayah Tolai, Dolago, Ribamba dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=2,5 Skala Richter, dengan pusat gempabumi pada koordinat 0,87 LS dan 120,17 BT, tepatnya di darat pada jarak 5 km arah selatan Parigi pada kedalaman 7 km.

Peta tingkat guncangan shake map BMKG menunjukkan, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi BMKG atau III MMI di wilayah Tolai, Dolago, Ribamba dan sekitarnya. Di daerah ini dilaporkan guncangan dirasakan oleh orang banyak, benda-benda tergantung berayun dan jendela kaca bergetar. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan rumah akibat gempabumi.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif. Ditinjau dari lokasi episenternya tampaknya berkaitan dengan peristiwa gempabumi utama M 5,1 yang menguncang wilayah Puntuli, Sausu, dan Torue, pada 7 September 2016 lalu, karena lokasi kedua episenter gempabumi ini relatif berdekatan. Dalam hal ini gempabumi yang terjadi masih berkaitan dengan aktivitas zona Sesar Balantak yang berarah barat-timur dengan arah pergerakan mendatar menganan yang dikenal sebagai Balantak Dekstral.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang terjadi ini, maka kepada warga setempat dihimbau agar tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi kekuatannya relatif kecil dan tidak berpotensi merusak.***

DARYONO
Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG
Twitter: @infobmkg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: