Daryono BMKG

Selalu merasa nyaman hidup di daerah rawan bencana

GEMPABUMI SELATAN BANTEN

Posted by Daryono pada November 28, 2015

Hari Sabtu, 28 November 2015, pukul 21.47.19 WIB wilayah Banten dan sebagian besarJawa Barat diguncang gempabumi tektonik dengan kekuatan M=5,6.

Pusat gempabumi ini terletak pada koordinat 7.32 LS – 105.81 BT, tepatnya di Samudera Hindia pada jarak 77 kilometer arah tenggara Pandeglang-Banten, pada kedalaman hiposenter 75 kilometer.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Pelabuhan Ratu pada skala intensitas III MMI, Bandung II-III MMI dan Jakarta II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa sebagai dampak gempabumi.

Gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi hiposenter menengah akibat aktivitas subduksi/penyusupan lempeng di Lajur Benioff bagian atas. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh patahan naik (thrust fault).

Namun demikian, meskipun gempabumi dipicu oleh patahan naik, tetapi karena kekuatannya relatif kecil dengan kedalaman menegah, maka gempabumi ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami, sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap tenang.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: